Jumat, 15 Juli 2016

Proposal Magang



PROPOSAL KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Diajukan Kepada
HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT
PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), Tbk.
Kantor Cabang BNI Pati
Jalan Panglima Sudirman No.55 Kab. Pati
ekarismawati96
Diajukan Oleh:
Eka Rismawati          13.05.51.0093
PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG
2016
LEMBAR PERSETUJUAN
PROPOSAL KEGIATAN MAGANG


Bentuk Kegiatan                     :  MAGANG
Pelaksana                                :  EKA RISMAWATI
NIM                                        :  13.05.51.0093
Program Studi                         :  S-1 MANAJEMEN
Angkatan                                :  2013 / 2014
Tempat Pelaksanaan                :  HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Jalan Panglima Sudirman No.55 Kab. Pati
Waktu                                     : Tanggal 1- 31 Agustus 2016



 
                                                                                    Semarang, 16 Juli 2016
Penyusun






EKA RISMAWATI
NIM. 13.05.51.0093
Ketua Program Studi
S1 Manajemen





SRI SUDARSI, S.E., M.Si.
NIDN. 0616096301


KATA PENGANTAR
Puji syukur Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan proposal  kegiatan praktek kerja lapangan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pati.
Tujuan penyusunan proposal kegiatan ini adalah untuk memenuhi syarat pengajuan praktek kerja lapangan pada PT. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pati.
Keberhasilan penyusunan proposal kegiatan ini tidak akan terwujud dan terselesaikan  dengan baik tanpa ada bantuan, bimbingan dan dorongan serta yang tak terhingga  nilainya dari berbagai pihak baik secara material maupun spiritual.
Akhir kata, semoga tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat.

     Semarang, 16 Juli 2016




        Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul..................................................................................................................... i
Lembar Persetujuan....................................................................................................... ....ii
KATA PENGANTAR................................................................................................... ...iii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iv

BAB I       PENDAHULUAN............................................................................................. 1
                  1.1.  Latar Belakang ........................................................................................... 1
                  1.2.  Dasar Pemikiran.......................................................................................... 3
                  1.3.  Tujuan Kegiatan.......................................................................................... 4
                  1.4.  Manfaat Kegiatan........................................................................................ 4         
                  1.5.  Sasaran Kegiatan......................................................................................... 6

BAB II     PELAKASAAN KEGIATAN
                  2.1.  Bentuk Kegiatan......................................................................................... 7
                          2.1.1.   Studi Kasus..................................................................................... 7
                          2.1.2.   Pemecahan Masalah........................................................................ 7
                          2.1.3.   Pelaksana  Dan Waktu Pelaksanaan................................................ 7
 a.  Pelaksana Kegiatan ..................................................................7
b. Waktu dan Tempat  Pelaksanaan................................................. 8
2.2                        Metode Pelaksanaan Kegiatan Magang ..............................................8
2.3 Evaluasi .......................................................................................................9
BAB III     PENUTUP
                  3.1. Penutup...................................................................................................... 10

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang
Di era saat ini Pendidikan merupakan peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter seseorang. Pendidikan yang dilakukan di perguruan tinggi masih terbatas pada pemberian teori dan praktek dalam skala kecil dengan intensitas yang terbatas. Agar dapat memahami dan memecahkan setiap masalah yang muncul perlu adanya pelatihan dalam dunia kerja yang dapat menunjang ketrampilan dan kecakapan seseorang, maka mahasiswa/i perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung di instansi/lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti.
Di UNISBANK Semarang  telah diadakannya program pelatihan kerja yang dapat melatih ketrampilan dan kecakapan mahasiswa/i dalam menghadapi dunia kerja. Sehingga setelah lepas dari ikatan akademik di UNISBANK, mahasiswa/i bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan masa pelatihan kerja untuk melanjutkan kiprahnya di dunia kerja yang sebenarnya. Sebab, untuk dapat terjun langsung di masyarakat tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal yang tinggi dengan perolehan nilai yang memuaskan, namun diperlukan juga ketrampilan (skill) dan pengalaman pendukung untuk lebih mengenali bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
Salah satu program yang dapat ditempuh adalah dengan melaksanakan magang. Magang adalah kegiatan akademik (intrakulikuler) yang dilakukan oleh mahasiswa/i dengan melakukan praktek kerja secara langsung pada lembaga/instansi yang relevan dengan pendidikan yang diambil mahasiswa dalam perkuliahan. Bentuk kegiatan yang dilakukan
adalah kerja praktek dengan mengikuti semua aktifitas di lokasi magang. Kegiatan ini sesuai
1
dengan kurikulum program Sarjana S1, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank Semarang (UNISBANK) bahwa pada semester tujuh, setiap mahasiswa/i diwajibkan melaksanakan kegiatan magang tersebut . Magang digunakan sebagai bahan penulisan skripis sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi (SE). Sesuai dengan tuntutan dari kurikulum pendidikan Sarjana , Progam Studi Manajemen, Universitas Stikubank Semarang (UNISBANK) .
Program Sarjana (S-1) dibentuk dengan tujuan menghasilkan SDM yang siap pakai dan Ahli dibidangnya serta tanggap terhadap perubahan, namun berbeda dengan kenyataan yang ada dalam dunia kerja. Hal ini disebabkan kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan dilapangan yang ternyata jauh berbeda dengan perkuliahan. Kurangnya bekal teknikal yang dimiliki oleh mahasiswa dapat mengakibatkan Sumber Daya Manusia yang dihasilkan kurang mempunyai kualifikasi dan kompetensi seperti yang diinginkan oleh perusahaan, lembaga atau instansi.
Oleh sebab itu, Program Sarjana S-1  Universitas Stikubank Semarang berusaha menciptakan lulusan akademik yang mempunyai ketrampilan dan kecakapan yang tanggap terhadap perubahan di dunia kerja dengan adanya kerja praktek pada PT Bank Negara Indonesia, Tbk.
Bank Negara Indonesia atau BNI (IDX: BBNI) adalah sebuah institusi bank milik pemerintah, dalam hal ini adalah perusahaan BUMN, di Indonesia. Dalam struktur manajemen organisasinya, Bank Negara Indonesia (BNI), dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang saat ini dijabat oleh Achmad Baiquni.

2
Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Saat ini BNI mempunyai 914
kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri. BNI juga mempunyai unit perbankan syariah, Namun sejak 2010 telah spin off (Memisahkan diri), yang dinamakan BNI Syariah
PT Bank Negara Indonesia Tbk didirikan oleh Margono Djojohadikusumo, yang merupakan satu dari anggota BPUPKI, lalu mendirikan bank sirkulasi/sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola mata uang RI.
Margono berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha perbankan di Indonesia. Karena Margono adalah seorang pionir, maka dia berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis perbankan di Indonesia, menggantikan peranan De Javasche Bank pada era penjajahan.

1.2.    Dasar Pemikiran      
Praktek kerja lapangan adalah kegiatan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan praktek kerja secara langsung pada lembaga/instansi yang relevan dengan pendidikan yang diambil mahasiswa dalam perkuliahan berdasarkan kurikulum dan syarat pembuatan tugas akhir, maka praktek kerja lapangan ini diadakan.
Praktek kerja lapangan ini juga diadakan agar mahasiswa/mahasiswi mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu mahasiswa/mahasiswi dapat langsung mempraktekan ilmu yang di dapatkan di perguruan tinggi.



3
1.3.    Tujuan Kegiatan
a)      Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
b)      Agar mahasiswa memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja praktis sehingga secara langsung dapat memecahkan permasalahan yang ada dalam kegiatan di bidang keuangan perbankan.
c)      Agar mahasiswa dapat melakukan dan membandingkan penerapan teori yang diterima di jenjang akademik dengan praktek yang dilakukan di lapangan.
d)     Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai hubungan antara teori dan penerapannya sehingga dapat memberikan bekal bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat.
e)      Meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antara perguruan tinggi, pemerintah, dan perusahaan.

1.4.    Manfaat Kegiatan
Program Magang diharapkan dari UNISBANK adalah mampu memberi dampak yang positif pada semua pihak terutama mahasiswa, perusahaan atau instansi dan penyelenggara Magang.
a)      Bagi Mahasiswa
1.      Akan menjadi tenaga kerja yang siap mengaplikasikan ilmu,ketrampilan, keahlian, disiplin dan rasa tanggung jawab  dibidang praktek.



4
2.      Mahasiswa akan memperoleh pengalaman dan petualangan baru di dunia kerja dengan tidak lupa menerapkan suatu kondisi sesuai dengan apa yang telah dipelajari mahasiswa sebelumnya.
3.      Juga dalam kegiatan ini mahasiswa jadi mampu melihat sebuah sisi lain betapa sulitnya bersaing di dunia kerja sehingga mau tidak mau, mahasiswa memang dituntut untuk terus mengembangkan ilmu dan keahliannya agar mampu bertahan dalam situasi persaingan yang ketat didunia kerja.
4.      Dapat mengaplikasikan ilmu yang berkaitan dengan manajemen keuangan, yang diperoleh dibangku kuliah kedalam praktek yang sebenarnya didunia kerja.
5.      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan didunia kerja dalam bidang keuangan, khususnya di Lembaga Keuangan Bank.
6.      Mengetahui bagaimana prosedur dan sistem yang diterapkan di Bank Negara Indonesia (BNI).

b)      Bagi Perusahaan atau instansi
1.      Memperoleh gambaran baru dalam pengembangan ilmu kehumasan,
2.      Mahasiswa yang melaksanakan Magang bisa membantu dalam pengerjaan tugas- tugas kantor di unit- unit kerja,
3.      Mendapatkan alternative karyawan yang telah diketahui kualitas dan kredibilitasnya.
4.      Menjadi momentum sebagai penyambung hubungan yang baik bagi pihak perusahaan dengan pihak penyelenggara.

5
5.      Adanya kerjasama/hubungan baik antara Universitas dengan Perusahaan sehingga perusahaan tersebut dikenal oleh kalangan akademis dan dunia pendidikan.
6.      Adanya orang yang mengaudit perusahaan tanpa mengeluarkan biaya dengan adanya laporan-laporan magang yang diberikan kepada perusahaan.

c)      Bagi Pihak Universitas
1.      Meningkatkan kualitas hubungan dan kerjasama antar kedua belah pihak
2.      Untuk meningkatkan keterkaitan dan kesesuaian antara substansi akademik yang disampaikan pada mahasiswa agar kemudian hari terpakai ilmu dan keahliannya dan bahkan dicari oleh perusahaan atau instansi.
3.      Lewat laporan- laporan hasil Magang dapat menjadi salah satu kegiatan audit internal tentang kualitas pengajaran maupun eksternal tentang cara pandang dan perlakuan instansi atau perusahaan terhadap para calon tenaga kerja.
4.      Universitas akan secara langsung dikenal didunia kerja.
5.      Dapat menciptakan SDM yang berkualitas, yang memiliki kemampuan, keahlian, dan keterampilan dalam dunia kerja.
6.      Menggali potensi yang ada pada mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diperolehnya kedalam dunia kerja.

                  1.5.  Sasaran Kegiatan
Sasaran dari kegiatan praktek kerja ini adalah seluruh mahasiswa/mahasiswi program  S1 Manajemen Unisbank Semarang.

6
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG

2.1.      BENTUK KEGIATAN
Bentuk kerja praktek yang diusulkan adalah :

2.1.1.   Studi Kasus
Studi kasus adalah mempelajari suatu permasalahan didalam instansi/lembaga tersebut, mengidentifikasi persoalan yang ada, dan kemudian melakukan analisis terhadap masalah tersebut dikaitkan dengan teori-teori yang diterima di dalam perkuliahan maupun di dalam literatur-literatur.
2.1.2. Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah adalah melakukan analisis permasalahan yang terdapat di dalam instansi/lembaga untuk kemudian mencari solusi terbaik atas masalah tersebut dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang didapatkan selama perkuliahan.

2.1.3.   PELAKSANA  DAN WAKTU PELAKSANAAN
A. Pelaksana
Nama                                       : EKA RISMAWATI
NIM                                        : 13.05.51.0093
Tempat, Tanggal Lahir            : PATI, 21 Mei 1996
7
Fakultas/ Progdi                      :Fakultas Ekonomika dan Bisnis / S-1 Manajemen
Alamat            Universitas                 :Jl. Kendeng V Bendan Ngisor Semarang
Alamat Rumah                        : Ds. Sinomwidodo Rt06 Rw01
                                                 Kec. Tambakromo, Kab. Pati
Telepon                                   : 081228359693
B. Waktu dan Tempat Rencana Pelaksanaan
Waktu                                     : Tanggal 1 -31  Agustus 2016
Tempat                                   : PT. Bank Negara Indonesi (PERSERO),     Tbk Kantor Cabang Pati
            Alamat                                                : Jalan Panglima Sudirman No. 55 Pati
            Telepon                                   : (0295) 381335            
2.2   METODE PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG
            Kebebasan tema magang yang diberikan oleh pihak Fakultas Ekonomika dan Bisnis diharapkan dapat memberikan keleluasaan pada mahasiswa dalam memilih tempat praktek kerja yang sesuai dengan keinginan dan bidang yang dikuasainya. Saya selaku pelaksana magang bersedia ditempatkan di Bagian yang sekiranya membutuhkan tenaga saya  untuk membantu kegitan operasional.

8
Dalam kegiatan ini saya menggunakan metode dan teknik pelaksanaan sebagai berikut :
1. Metode Observasi
Dalam metode ini mahasiswa diharapkan terjun kelapangan bersama-sama dengan karyawan/karyawati yang bersangkutan sesuai dengan bidang yang telah ditetapkan. Pada metode ini mahasiswa diwajibkan membantu karyawan/karyawati yang bersangkutan dalam melaksanakan tugasnya.
2. Metode Literatur
Dalam metode ini mahasiswa diharapkan pada studi kepustakaan mengenai bidang praktek  kerja yang ditetapkan.
3. Metode Bimbingan
Karyawan/karyawati  yang bersangkutan diharapkan dapat memberikan bimbingan pada mahasiswa sesuai bidang praktek kerja yang telah di tetapkan di bawah pengawasan dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
2.3  EVALUASI
1. Peserta magang akan di evaluasi pimpinan / manajer tempat praktek kerja lapangan.
2. Dosen Pembimbing.

 

BAB III
PENUTUP

Bidang pendidikan keseimbangan antara ilmu teoritis dengan praktik langsung dilapangan mutlak dibutuhkan. Seberapa dalampun teori yang kami miliki namun tidak diimplementasikan secara nyata akan terasa tidak ada gunanya.
Kerja Praktik yang diadakan Universitas Stikubank Semarang ( UNISBANK)  merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mahasiswa agar mengamalkan teori-teori yang telah didapat di bangku perkuliahan, dan melalui program magang ini diharapkan mahasiswa Universitas Stikubank Semarang ( UNISBANK)  dapat membentuk karakter dan kompetesinya sesuai kebutuhan perbankan.
Oleh karena itu, besar harapan saya sebagai mahasiswa S-1 Manajemen UNISBANK, untuk dapat bergabung bersama PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ini untuk melaksanakan kegiatan kerja praktik. Dan saya akan berusaha memberikan segenap kemampuan terbaik saya untuk dapat melakukan kerja praktek di perusahan ini.









10 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar